Disdukcapil Sarolangun Upayakan Penerapan Layanan Adminduk Online di Kantor Desa Dan Kelurahan

SAROLANGUN – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sarolangun berencana akan mengupayakan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) tersedia secara online di kantor desa dan kelurahan.

Kepala Disdukcapil Sarolangun Ridwan mengatakan, rencana penerapan layanan online itu merupakan tindak lanjut dari program pasangan Bupati dan wakil Bupati Sarolangun terpilih.

“Jadi kedepan pelayanan dukcapil itu sudah ada di kantor desa dan kelurahan, jadi masyarakat tinggal datang ke kantor desa dan kelurahan masing masing dan bisa langsung mendapatkan pelayanan secara langsung,” katanya, Selasa (18/2).

Menurutnya, Disdukcapil Sarolangun sudah mulai melakukan sosialisasi dan uji coba ke beberapa desa di Kabupaten.

Layanan yang bisa dilakukan masyarakat, mulai dari layanan untuk perubahan data di Kartu Keluarga, akta kelahiran dan kematian sekaligus pindah domisili.

“Langsung di kantor desa selesai dan diambil Adminduk yang di urus, dengan proses mengajukan berkas ke kami melalui upload berkas atau syarat-syarat melalui online, lalu kita di sini langsung cek,” ujarnya.

“Kalau bahan lengkap sesuai ketentuan aturan kita proses dan eksekusi berupa kita kirim kembali berkas yang diusur melalui pdf atau file sudah jadi, sehingga masyarakat tidak perlu ke kantor dukcapil,” tambahnya.

Sementara itu, untuk layanan perekaman KTP masih akan tetap dilakukan dikantor Disdukcapil Sarolangun mengingat keterbatasan anggaran untuk pembelian alat sarana dan prasarana.

Pilihan Redaksi

Berita Terbaru